Ilustrasi.(Foto : Ist/Goggle Images)
Ilustrasi.(Foto : Ist/Goggle Images)

Kepala Cabang Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur untuk wilayah Kabupaten dan Kota Blitar, Trisilo Budi Prasetyo menjelaskan, jika pada penerimaan peserta didik baru (PPDB) SMA dan SMK tahun ini, bakal ada dua SMA di Kota Blitar yang akan menerima siswa baru asal dua kecamatan dari Kabupaten Blitar.

Kedua kecamatan itu adalah Kecamatan Nglegok dan Kecamatan Sanankulon. Calon peserta didik baru yang berdomisili di dua kecamatan ini, bakal ditampung di SMAN 2 dan SMAN 4 Kota Blitar.

Tepatnya, untuk domisili dari Kecamatan Nglegok, akan diarahkan ke SMAN 2 Kota Blitar, untuk Kecamatan Sanankulon, diarahkan ke SMAN 4 Kota Blitar. Kendati dua kecamatan di Kabupaten Blitar ini juga dilayani dalam zona wilayah kota, kedua kecamatan tetap bisa masuk zona wilayah kabupaten, bergantung dengan jarak terdekat domisili pendaftar dengan sekolah yang dituju.

"Meski wilayah kota tetap satu zonasi, dapat tambahan dari wilayah Nglegok dan Sanankulon. Kedua kecamatan ini masuk zonasi kota," kata Trisilo Budi Prasetyo, Jumat (10/05/2019).

Selain bisa memasuki zonasi kota, calon peserta didik baru asal Nglegok dan Sanankulon ini tetap bisa masuk zonasi kabupaten.

"Bisa daftar ke SMA di Kota Blitar dan SMA di wilayah Kabupaten Blitar yang masuk zonasinya tersebut," tukasnya.

Sebagai informasi, pada PPDB SMA/SMK tahun 2019/2020, wilayah Kabupaten Blitar dibagi menjadi tiga zonasi. Zona satu meliputi SMAN 1 Talun, SMAN 1 Garum, dan SMAN 1 Kesamben. Zona dua meliputi SMAN 1 Sutojayan dan SMAN 1 Kademangan. Sedangkan zona tiga, meliputi SMAN 1 Srengat dan SMAN 1 Ponggok.

Sistem PPDB SMA dan SMK, masih sambung dia, akan tetap ada tiga jalur, yakni jalur prestasi, jalur pindahan, dan jalur zonasi. Untuk jalur prestasi dan pindahan pendaftarannya secara offline. Untuk jalur zonasi, sistem pendaftaran akan dilakukan secara online. Perbedaannya, kuota untuk zonasi sebesar 90%, sedangkan jalur prestasi dan pindahan 10%.

Pendaftaran offline, akan dilaksanakan pada tanggal 11 s/d 13 Juni 2019, dan pendaftaran online, akan dibuka pada tanggal 17 s/d 20 Juni 2019. Sedangkan, untuk pengambilan PIN pendaftaran mulai tanggal 20 Mei sampai tanggal 14 Juni 2019.(*)